Sekda Buka Gawai Dayak Bapalas Benua Kecamatan Kendawangan

Delikcom.com, Ketapang – Bupati Ketapang, Martin Rantan, SH, M.Sos diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, S.STP, M.Si membuka secara resmi Gawai Dayak Bapalas Benua Kecamatan Kendawangan, Jumat (25/11/2022) di Kebun Eco Camp di Jalan Sukaria-Sui Gantang.

Dalam acara tersebut juga dilakukan acara Kisar Pesaling Pesibur Sekda Kabupaten Ketapang dirumah adat Dusun Sukaria oleh masyarakat adat dayak Kecamatan Kendawangan seakaran dengan Gelar Raden Cendaga Payong Negeri.

Bacaan Lainnya

Saat dikonfirmasi, Sekda mengapresiasi acara pembukaan Gawa Dayak Bapalas Benua Kecamatan Kendawangan yang melibatkan rekan-rekan dari berbagai etnis, mulai dari prosesi adat penyambutan tamu, adanya tarian khas dayak kendawangan, dilanjutkan penampilan atraksi silat dari perguruan silat merpati putih Desa Mekar Utama, penampilan tarian dari Paguyuban Jawa Kecamatan Kendawangan dan penampilan lagu-lagu dayak ketapang.

“Kita mengapresiasi rangkaian acara pembukaan yang melibatkan multi etnis ini kita apresiasi,” katanya.

Sekda berharap acara Gawai Dayak Bapalas Benua ini dapat berjalan lancar dan sukses dan terus menjadi agenda rutin sebagai salah satu upaya dalam menjaga dan melestarikan adat budaya yang ada.

“Kita mendukung pelaksanaan gawai untuk terus terlaksana dan selain Pemerintah Daerah juga selalu komitmen mendukung kegiatan budaya semua etnis yang ada di Ketapang,” jelasnya.

Untuk diketahui, Gawai Dayak Bapalas Benua berlangsung selama dua hari sejak Jumat (25/11/2022) hingga Sabtu (26/11/2022) dengan rangkaian acara seperti perlombaan seni dan olahraga tradisional dayak diantaranya lomba pop Singer lagu dayak, lomba tari dayak kreasi, lomba menabuh kelinang/gamalan dan lomba menyumpit.

Acara pembukaan juga dihadiri Kapolres Ketapang, Danlanal Ketapang, Kajari ketapang yang diwakili oleh Kasi Intel, Ketua DAD Ketapang, Heronimus Tanam, anggota DPRD Ketapang Dapil 6 Yakobus Dingun, Forkopimcam, Tokoh Masyarakat Dayak, Organisasi Kepemudaan Dayak serta Para Demong Mantir se-Kecamatan Kendawangan.

(Wan)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
(Visited 23 times, 1 visits today)

Pos terkait