IKIP PGRI Pontianak Manfaatkan Lumut Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa

Delikcom.com, Kubu Raya – Sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak melaksanakan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat).

Kegiatan edukatif ini diaplikasikan dalam bentuk Pelatihan Pemanfaatan Keanekaragaman Bryophyta Untuk Pembuatan Moss Art Bagi Siswa SMP Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Kegiatan pembelajaran aplikatif dari IKIP PGRI Pontianak yang dilaksanakan pada hari Jumat, 11 November 2022 dihadiri oleh Dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi, Kepala Sekolah, Guru dan Siswa SMP Negeri 2 Sungai Kakap.

Bacaan Lainnya

” Kegiatan ini sangat penting dalam meningkatkan wawasan, kecakapan, keterampilan siswa dan guru untuk memanfaatkan sumber daya alam disekitarnya agar lebih berdaya guna” ujar Eka Trisianawati, SP., M.Pd dalam sambutan pembukaannya.

Ivan Eldes Dafrita S,Si., M.Pd Ketua kegiatan PKM sekaligus narasumber menjelaskan bahwa dalam proses pembelajaran terutama mata pelajaran IPA belum optimal, sedangkan potensi sumber daya alam yang ada di sekitar Desa Punggur Kapuas Kabupaten Kubu Raya berupa luasnya lahan perkebunan yang ada serta potensi keanekaragaman tumbuhan terutama dari kelompok Bryophyta (lumut) yang tumbuh di lahan tersebut sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar bagi siswa.

” Untuk itulah, IKIP PGRI Pontianak melalui Prodi Biologi merasa perlu untuk melakukan pelatihan memanfaatkan potensi alam desa yaitu keanekaragaman Bryophyta untuk dijadikan bahan dasar pembuatan sumber belajar berupa Moss Art ” ujar Ivan Eldes Dafrita.

Kepala SMPN 2 Sungai Kakap, Ruhaida, S.Pd menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Tim PKM IKIP PGRI Pontianak yang telah memberikan pelatihan.

” Momen pelatihan ini sangat luar biasa dalam meningkatkan softskill siswa berupa pengalaman belajar dan kreativitas sehingga dapat berguna pada saat mereka terjun ke masyarakat” ujar Ruhaida lagi

Untuk membantu siswa agar lebih interaktif dalam pelatihan tersebut, Prodi Biologi IKIP PGRI Pontianak juga menurunkan anggota pelaksana kegiatan antara lain Nawawi, M.Pd., Mustika Sari, S.Pd., M.Sc., Herditiya, M.Pd., Tesa Manisa, M.Pd., dan Novi Nurmayanti, M.Pd.

(Wan)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
(Visited 49 times, 1 visits today)

Pos terkait