Petani IPDMIP MHU Dapat Pengetahuan Baru

Delikcom.com – Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (DPPP) Kabupaten Ketapang melalui Bidang Penyuluhan memfasilitasi petani dalam kegiatan peningkatan kapasitas petani Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) pelaksana program di daerah irigasi tanjung baik budi Kecamatan Matan Hilir Utara (MHU).

Fasilitas peningkatan petani dalam hal ini melalui kunjungan petani daerah irigasi tanjung baik budi Kecamatan Matan Hilir Utara (MHU) ke Kecamatan Kendawangan dilakukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan sikap dan keterampilan, Kamis (8/12/2022) lalu.

Bacaan Lainnya

Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Kendawangan, Ucup Sucipto, S.PKP mengatakan kalau para petanu Kecamatan MHU datang ke Kendawangan dengan didampingi fasilitator.

“Dalam kunjungan tersebut, fasilitator, petani dan penyuluh saling berbagi pengalaman,” katanya.

Dari hasil kunjungan tersebut, dari Kecamatan Kendawangan didapat informasi tentang beberapa paket teknologi terbarukan atau teknologi tepat guna penyuluh pertanian yang bisa diterapkan di daerah irigasi Tanjung Baik Budi.

“Beberapa teknologi yang ditawarkan diantaranya alat pengusir hama serba guna, alat pupuk dan pestisida serbaguna untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” terangnya.

Sementara itu, satu diantara petani yang ikut dalam kunjungan, Halik mengatakan sangat membutuhkan kegiatan kunjungan seperti ini, diakuinya kalau melalui kegiatan seperti ini selain menambah wawasan dan pengetahuan juga menyegarkan pikiran dari penatnya rutinitas kegiatan usaha bertani.

“Selain menambah pengetahuan dan keterampilan kami, tentu kegiatan memberi banyak manfaat positif lainnya seperti terjalinnya silaturahmi, sehingga ke depan kami berharap kegiatan dapat rutin dilaksanakan,” tukasnya.

(Wan)

(Visited 52 times, 1 visits today)

Pos terkait