Januari 27, 2023 Oleh Wan Usman Off

Perkuat Sistem Kelistrikan Air Upas, PLN Tambah Kapasitas Mesin Pembangkit

Delikcom, Ketapang – Perkuat sistem kelistrikan di Air Upas, Kabupaten Ketapang, PLN datangkan mesin pembangkit dengan kapasitas yang lebih besar dari penyedia baru untuk melakukan penggantian seluruh mesin sewa yang ada dari penyedia lama.

“Tambahan mesin dari penyedia baru tersebut sebanyak 7 unit mesin sewa dengan daya kontrak 4 MW,” ungkap Vicky Reandry Faradian, Manager PLN UP3 Ketapang, diruang kerjanya pada Jum’at (27/1/2023).

Menurutnya, saat ini telah selesai 3 unit mesin yang sudah terkoneksi ke sistem kelistrikan Air Upas, sisa 4 unit mesin lainnya direncanakan akan selesai pada akhir pekan ini.

“Tambahan mesin ini secara keseluruhan akan memperkuat keandalan sistem kelistrikan Air Upas, sekaligus sebagai backup jika sewaktu-waktu terjadi gangguan salah satu mesin,” ujar Vicky.

Ia mengungkapkan tantangan terbesar dalam penyelesaian pekerjaan penggantian mesin pembangkit di Air Upas adalah kondisi medan yang sangat berat.

“Masih terkendalanya infrastruktur akses jalan menuju Air Upas, membuat pekerjaan mobilisasi orang, mesin dan peralatan membutuhkan tenaga dan biaya tidak sedikit,” terangnya.

Lebih lanjut Vicky menjelaskan bahwa dengan adanya penambahan kapasitas mesin pembangkit ini nantinya akan ada sekitar 600 calon pelanggan baru akan menikmati listrik dan juga untuk mengantisipasi pertumbuhan beban kelistrikan di Air Upas yang cukup pesat.

“Selama masa penyelesaian pekerjaan, tentu saja perlu dilakukan pemadaman terkait kebutuhan penyambungan instalasi pembangkit ke sistem kelistrikan yang ada dan juga untuk menjaga keselamatan pekerja,” tutur Vicky.

Atas nama manajemen PLN UP3 Ketapang, Ia mohon maaf atas ketidaknyamanan pelayanan yang telah diberikan selama ini.

Pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan, memenuhi kebutuhan kelistrikan di sistem Air Upas secara maksimal, sehingga diharapkan pasokan listrik menjelang Ramadhan ini sampai ke depannya dapat terpenuhi.

(Wan)

(Visited 243 times, 1 visits today)