Staf Ahli Bupati Ketapang Buka Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah 

Delikcom.com, Ketapang – Wakil Bupati Ketapang melalui Staff Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM Drs. Maryadi Asmuie, MM membuka Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah Oleh Pemerintah Kabupaten Ketapang, pada Kamis (02/03/2023) bertempat di Aula Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang.

Penyelenggaraan jenazah merupakan salah satu urusan umat Islam yang hukumnya Fardhu Kifayah, yaitu dalam satu wilayah harus ada yang memiliki kemampuan mengurusi jenazah. Pelaksanaan Fardhu Kifayah merupakan kewajiban bagi umat Islam.

Bacaan Lainnya

“Saya berpesan kepada para peserta yang mengikuti pelatihan ini, untuk memperhatikan dengan sungguh-sungguh apa yang akan disampaikan nanti oleh para narasumber, dengan tujuan agar tidak salah pemahaman atau pendapat dalam hal pengurus jenazah,”ujarnya saat menyampaikan sambutan Wakil Bupati Ketapang.

Lebih lanjut Beliau berharap kepada para peserta agar dapat mengaktualisasikan ilmu yang didapat selama pelatihan ini.

“Peserta juga harus mampu memberikan kontribusi positif dalam menjalankan nilai-nilai agama, sehingga pengetahuan ini semakin banyak orang mengetahuinya dan bermanfaat untuk kemaslahatan umat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua panitia H. Munizar, S.Pd.I yang juga Kabag Kesra Setda Ketapang mengatakan bahwa dikalangan umat Islam masih ada yang belum memahami pelaksanaan Fardhu Kifayah, sehingga perlu dilakukan pembinaan melalui pelatihan khusus bagi umat Islam.

“Pemkab Ketapang juga sesuai dengan misinya yang ketiga yaitu pembangunan SDM yang memiliki daya saing, terus melakukan berbagai terobosan utamanya dalam memberikan pelatihan keagamaan yang terupdate untuk menciptakan kerukunan dan peningkatan SDM yang berdaya saing serta menguasai ilmu agama salah satunya ilmu pelaksanaan Fardhu Kifayah,” ucap Beliau.

Selain itu dijelaskan Beliau bahwa tujuan dari pelaksanaan pelatihan Jenazah ini adalah dalam rangka meningkatkan pengetahuan para petugas penyelenggaraan Jenazah sesuai syariat Islam.

“Adapun kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dari 1 sampai 2 Maret 2023 dan peserta kegiatan pelatihan ini sebanyak 100 orang berasal dari Kecamatan Simpang Dua, Kendawangan, MHU, MHS, Delta Pawan, Muara Pawan, Benua Kayong, Sungai Melayu dan Tumbang Titi,” pungkasnya.

(Wan)

(Visited 61 times, 1 visits today)

Pos terkait