Sekda Buka Kegiatan Kuda Lumping Krido

 

Delikcom.com, Ketapang – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo, D.STP., M.Si membuka Kegiatan Seni Budaya Kuda Lumping Krido Manunggal dalam rangka Tutup Tahun Kalender Jawa di Desa Kalimas Baru Kecamatan Tumbang Titi, Minggu (19/3/2023).

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan tersebut, Sekda menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada panitia pelaksana dan seluruh masyarakat khususnya Desa Kalimas Baru yang telah melaksanakan dan mensukseskan kegiatan Seni Budaya Kuda Lumping Krido manunggal dalam rangka Tutup Tahun Kalender Jawa.

“Kegiatan yang digelar ini merupakan satu diantara upaya dalam melestarikan budaya leluhur, tujuannya agar generasi penerus dapat memahami dan mengerti khasanah budayanya khususnya budaya jawa ini,” katanya.

Sekda mengaku sangat senang sekali dengan pelestarian budaya-budaya seperti ini, bahkan dirinya mengaku selalu menghadiri kegiatan budaya baik itu dayak, jawa, batak, melayu, bugis, madura dan etnis lainnya selama diundang.

“Sudah tugasnya untuk melayani, mengayomi seluruh masyarakat kabupaten Ketapang, melayani semua suku, semua agama di kabupaten Ketapang,” ujarnya.

Sekda meminta agar tidak ada para pihak yang ragu dalam melestarikan adat budaya leluhur, termasuk masyarakat jawa di Desa Kalimas Baru. Diakuinya kalau nanti grup musik tradisional seni budaya kuda lumping krido manunggal ini akan diundang ke Ketapang untuk tampil di pentas seni budaya pendopo Bupati Ketapang.

“Harapan dari Ketua Paniti untuk adanya pelanjutan bangunan sanggar, jadi saya minta pengurus sanggar berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan supaya di tahun 2024 rencana untuk melanjutkan pembangunan sanggar dapat tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda juga melaksanakan rangkaian kegiatan yaitu menanam pohon di sekitar lokasi kegiatan pentas Seni Buda Kuda Lumping krido manunggal.

(Wan)

(Visited 59 times, 1 visits today)

Pos terkait