April 30, 2023 Oleh Wan Usman Off

Pemkab Ketapang Dukung Pesta Budaya Adat Karo Gendang Guro-Guro Aren

Delikcom.com, Ketapang – Bupati Ketapang yang diwakili Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum, Drs. Heronimus Tanam, ME membuka kegiatan Pesta Budaya Adat Karo “Gendang Guro-Guro Aron” tahun 2023, pada Minggu (30/04/2023) bertempat di Ballroom Hotel Borneo Emerald Ketapang.

Kegiatan ini dalam rangka mempererat hubungan kekeluargaan dan melestarikan budaya Karo di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara dengan pemerintah dan masyarakat setempat serta mempererat persaudaraan orang Karo yang ada di perantauan.

Asisten III Setda dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Ketapang selalu memberikan dukungan kepada setiap perkumpulan etnis, adat dan budaya masyarakat yang ada di Kabupaten Ketapang.

“Hal ini sebagai bentuk manifestasi dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan, salah satunya melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh komunitas adat dan budaya sehingga dapat memperkokoh dan memperkaya khazanah budaya bangsa,” ucapnya.

Lebih lanjut menurut Tanam, Pesta Budaya Adat Karo Gendang Guro-Guro Aren ini patut mendapat dukungan, karena merupakan salah satu upaya strategis dalam menjaga kerukunan antar etnis dan pelestarian adat budaya yang ada di Kabupaten Ketapang.

Selain itu, Asisten III Setda juga meminta kepada warga masyarakat Karo yang ada di Ketapang agar dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan partisipasi dalam memajukan daerah, serta bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan dan melanjutkan Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera.

“Saya berharap pula kepada warga masyarakat Karo untuk dapat terlibat aktif dalam membangun dan mengembangkan adat budaya dengan seluruh komunitas adat budaya di Kabupaten Ketapang, agar tercipta keberadaban dan kerukunan masyarakat yang harmonis antar etnis, bersatu dalam keberagaman, dan maju dalam kebudayaan,” pungkasnya.

(Wan)

(Visited 246 times, 1 visits today)