Mei 27, 2023 Oleh Wan Usman Off

Sekda Ketapang Apresiasi UMKM Kuliner Daerah

Delikcom.com, Ketapang – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, S.STP., M.Si, meresmikan sekaligus membuka rumah makan khas Ketapang, yang bernama Rumah Makan Djadoel. Rumah makan yang terletak di Jl. Wolter Monginsidi, Kelurahan Kauman, Kecamatan Benua Kayong ini menyajikan kuliner khas melayu tempo dulu yang sudah jarang ditemui di Kabupaten Ketapang.

Sekda dalam sambutannya berterimakasih kepada pemilik rumah makan Herlina, yang sudah berkontribusi untuk Kabupaten Ketapang dan memiliki dedikasi memajukan daerah melalui keanekaragaman budaya.

“Saya atas nama pemerintah daerah menyampaikan selamat dan sukses dan tentunya apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Mak Lin ini yang selalu berkontribusi untuk ketapang,” terangnya.

Herlina yang akrab dipanggil Mak Lin ini tidak hanya berkontribusi melalui kulinernya, namun juga juga berkontribusi untuk daerah melalui kerajinanannya batiknya sehingga tercipta batik khas Ketapang yaitu motif batik Akar Tali Nyawe.

“Jadi banyak hal yang sudah dibuat beliau ini, seperti batik Akar Tali Nyawe yang dipakai oleh seluruh pegawai dan seluruh masyarakat Ketapang,” ujar Sekda.

Sekda mengajak kepada masyarakat Kabupaten Ketapang untuk menjaga daerah menjadi yang terdepan dan semakin maju dengan kekayaan keberagaman termasuk didalamnya kuliner, menurutnya ini akan menjadi modal bagi daerah untuk berkembang.

“Mari kita jaga Ketapang ini tetap terdepan semakin maju, kita harus jaga supaya nyaman dan menjadi rumah besar bagi semua orang, kita dengan segala kekayaan keberagaman termasuk makanan ini menjadi modal kita untuk lebih maju,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kabupaten Ketapang Edi Radiansyah, S.H., M.H. sangat mendukung UMKM yang mempromosikan dan memperkenalkan Kebudayaan di Kabupaten Ketapang, tidak hanya dari DKUKMPP namun dari semua stakeholder yang ada harus mendukung usaha-usaha UMKM yang semakin berkembang.

“Tidak hanya melalui pemerintah kabupaten yang bergerak tapi semua sektor yang ada disini, semua stakeholder termasuk tadi para pelaku usaha yang juga didukung oleh pihak perbankan dan pihak swasta lainnya ini harus berkolaborasi,” ujarnya.

Edi juga mengajak kepada masyarakat Kabupaten Ketapang untuk mempromosikan UMKM yang mengangkat kebudayaan dan khas Ketapang dengan mengajak kolega dan keluarganya di luar Kabupaten Ketapang untuk mencicipi dan memperkenalkan makanan khas daerah.

“Kita patut apresiasi sekali, kita berbangga karena di Ketapang ini ada muncul dan berkembang rumah makan atau sarapan khas Ketapang, ini bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang senang dengan kuliner dengan membawa keluarga, teman atau koleganya,” tutupnya.

(Wan)

(Visited 120 times, 1 visits today)