Panen Labu Kelompok Tani Batu Batuah Basakap Binaan PT HHK-SJE

Petani Labu binaan PT SJE HHK Timur sedang memanen

Delikcom.com, Ketapang – Kelompok Tani Batu Batuah Basakap, Desa Suak Burung, Kecamatan Manis Mata, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) yang merupakan binaan PT Harapan Hibrida Kalbar-Sungai Jelai Estate (HHK-SJE), Union Sampoerna Triputra Persada (USTP) Group melakukan panen tanaman Labu (Cucurbita moschata Durch), Selasa (12/7/2022).

“Hasil panen hari ini satu ton lebih, ini semua saya jual ke Sukamara, Kalteng, dengan harga partai 5000 per kilogram,” kata Ketua Kelompok Tani Batu Batuah Basakap Nehemia Tanggen.

Ia melanjutkan komoditas Labu atau Waluh ini sangat diminati masyarakat untuk dibuat sayur. Labu dipanen 90 hari setelah tanam. Perawatan Labu ini tidak terlalu sulit karena memang sudah menjadi tanaman banyak petani di Pulau Kalimantan ini.

“Terima kasih kepada Pak Adit dari PT Haka Timur (HHK-SJE) dan Pak Nurikhsan Kepala PPL Pertanian Manis Mata yang telah membina kami, mendampingi kami sejak tanaman Jagung, panen Jagung ganti Labu ini dan sampai sekarang Labu juga panen,” kata Tanggen.

Ditemui terpisah Manager Community Development dan Corporate Sosial Responsibility (CD dan CSR) Aditya Gilar Rangga Kusumah mengatakan Kelompok Tani Batu Batuah Basakap ini sudah menjadi binaan PT HHK-SJE sejak beberapa tahun lalu.

“Kami sudah pernah panen Jagung, kemudian jenis sayuran ada mentimun, terong asam, cabai, kunyit, lengkuas, dan terakhir Labu ini,” ungkap dia.

Adit menambahkan keberhasilan ini tidak lepas dari jalinan komunikasi dan sinergi yang baik dengan Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan (Distanakbun) Kabupaten Ketapang yang memberikan dukungan berupa alat produksi pertanian (Alsintan) dan pendampingan teknis.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Distanakbun Ketapang dalam hal ini melalui BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) Manis Mata yang sudah support kita dengan beberapa alat antara lain Cultivator, Hand Tractor, Farm Tractor dan ada juga mesin pipil Jagung, kemudian secara teknis Kepala BPP Pak Nurikhsan langsung turun ke lapangan,” kata dia.

Kepala BPP Manis Mata Nurikhsan menyampaikan apresiasinya pada para petani binaan dan pihak perusahaan PT HHK-SJE yang sudah melaksanakan program pemberdayaan masyarakat petani di wilayah kerjanya.

“Ini satu hal positif yang harus kita teruskan, PT HHK-SJE ini selain di Suak Burung ini kan ada juga kemarin itu binaan petani padi dan sudah panen juga di Seguling, jadi semoga saja program ini bisa terus berlanjut, dan saya siap mendampingi karena memang wilayah kerja kami di sini,” kata dia.

(Rilis/Wan)

(Visited 341 times, 1 visits today)

Pos terkait