Pengurus Masjid Al-Falah Ketapang Pergoki Pelaku Pencuri Uang Dalam Kotak Amal

Delikcom.com KETAPANG – Pengurus Masjid Al-Falah Kelurahan Mulia Baru Kabupaten Ketapang akhirnya berhasil memergoki pelaku yang sering mengambil uang kas masjid, Kamis (5/11/20) sekitar pukul 01.20 Wib dini hari.

Salah satu pengurus Masjid Al-Falah, Salman ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa dirinya bersama dengan beberapa orang rekannya sengaja mengintai pelaku pengambilan uang kas masjid yang berada didalam kotak karena sebelumnya merasa curiga karena setiap hari Kamis sore setelah sholat Ashar pengurus membuka kotak dengan jumlah uang lebih kecil dari biasanya.

” Semenjak 3 minggu belakangan ini kami mendapatkan uang di kotak lebih kecil dari biasanya. Biasanya kami mendapatkan uang dari Tujuh kotak amal lebih dari Rp. 1.000.000,- namun beberapa minggu ini kami hanya memperoleh uang sekitar Rp. 400.000,- ,” jelasnya, Kamis (5/11).

Salman menambahkan, mereka merasa curiga kemudian memeriksa CCTV masjid dan memang ada orang yang mencuri uang di kotak amal sebanyak 2 kali secara rutin yaitu setiap hari Kamis sekira pukul 01.00 Wib.

” Akhirnya kami melakukan pengintaian di kios depan masjid yang masih berada di dalam lingkungan halaman masjid dengan keyakinan pelaku akan mengulangi perbuatannya lagi. Tepat pada pukul 01.20 Wib kami melihat pelaku ada bolak balik di jalan depan masjid kemudian masuk ke halaman masjid dengan cara melompati pagar masjid karena pintu pagar dalam keadaan ditutup namun tidak dikunci. Kemudian kami melihat pelaku ke WC masjid setelah dari WC masuk melalui pintu samping yang menghadap ke tempat Wudhu,” terang Salman.

Salman melanjutkan, pelaku terlihat mengecek Dua buah kotak amal dengan cara mengintip lubang kotak amal dekat pintu masuk depan tempat wudhu, setelah itu pelaku kembali mengecek tiga buah kotak amal lainnya yang berada di dekat pintu masuk utama yang selanjutnya pelaku mendatangi dua buah kotak amal di pintu masuk yang menghadap ke jalan.

” Kami langsung masuk ke dalam masjid yang pada saat itu pelaku sedang mengangkat satu buah kotak amal. Kemudian kami menyuruh pelaku untuk berhenti jangan bergerak dan berhasil mengamankan pelaku. Setelah dilakukan interogasi kemudian pelaku beserta barang bukti dan barang yang dibawanya di serahkan ke pihak yang berwajib,” ungkapnya.

Dari pengakuan pelaku bahwa pelaku bernama Bobi Saputra (29) warga Desa Sukabaru Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang.

Sementara itu, Kapolres Ketapang AKBP Wuryantono melalui Kasat Reskrim AKP Primastya Dryan Maestro membenarkan telah menerima laporan terkait pencurian kotak amal di Masjid Al-Falah.

” Saudara Bobi Saputra mengaku bahwa benar dia melakukan pencurian uang di kotak amal masjid Al Falah. Yang sudah dilakukan sebanyak tiga kali dengan menggunakan kawat sebagai alat yang dipergunakan untuk mencungkil uang di dalam kotak amal. Kemudian mengaku bahwa untuk datang ke masjid Al Falah menggunakan satu unit sepeda motor Honda Supra X dengan nomor polisi KB 6923 GW yang diparkirkan di kuburan samping kantor kesbangpol. Pelaku beserta barang bukti sudah dilakukan penahanan di Polres Ketapang untuk proses selanjutnya,” tukasnya.

Barang bukti yang diamankan berupa satu buah kotak amal bahan alumunium yang tergembok milik Masjid Al Falah, satu buah tas pinggang, satu utas kawat simpai, satu unit sepeda motor, sejumlah uang dan satu buah handphone. (wan)