Keluarga Menjadi Basis Penting Dalam Penyebaran Dan Pencegahan Virus Corona

Delikcom, KETAPANG – Dalam upaya pengendalian dan pencegahan Covid-19 khususnya di Kabupaten Ketapang, Pemerintah Daerah (Pemda) Ketapang menyampaikan apresiasi kepada keluarga yang patuh dan disiplin dengan tetap tinggal dirumah.

Melalui juru bicara Gugus Tugas penanggulangan Covid-19, Rustami mengaku bahwa pemerintah menyadari persoalan ini menjadi suatu proses yang berkepanjangan yang tentunya akan menjadi beban yang tersendiri bagi para ibu rumah tangga.

“Para Kepala Keluarga yang menjadi pengayom dan mampu memberikan penjelasan yang baik pada seluruh anggota keluarganya. Hal ini menjadi sangat penting sehingga secara bersama-sama kita dapat saling melindungi agar kemudian tidak ada anggota keluarga kita yang tertular penyakit ini, karena keluarga merupakan basis penting dalam penyebaran dan pencegahan penyakit ini,” tutur Rustami, Kamis (9/4).

Ia menambahkan, dalam hal ini peranan kepala keluarga menjadi paling utama dalam memberikan edukasi yang baik kepada anggota keluarganya dengan mengikuti berita terkini tentang pengendalian dan pencegahan Covid-19.

” Kami menghimbau kepada masyarakat bahwa penyakit Covid-19 ini bisa disembuhkan dengan menjaga kebersihan dan memperkuat sistem imun, penyakit ini bukan merupakan penyakit yang memalukan sehingga harus dijauhi atau dikucilkan dan dibully,” jelasnya.

Ia melanjutkan, ODP, PDP atau Pasien Dengan Konfirmasi Positif memerlukan motivasi dari semua pihak dalam proses penyembuhannya. Tenaga medis dan para team yang terlibat langsung dalam pencegahan Covid-19 memerlukan kerjasama seluruh masyarakat serta motivasi dalam melaksanakan tugasnya. (wan)