Satgas Covid-19 DPC LAN Ketapang Terus Lakukan Kegiatan Sosial

Delikcom, KETAPANG – TIM Relawan Satgas Covid 19 Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Anti Narkotika (DPC LAN) Kabupaten Ketapang bergerak melanjutkan penyemprotan disinfektan di Kelurahan Kantor Kecamatan Delta Pawan dimulai jalan RA kartini, Gang H Tajudin, Puring, Dahlia, Bluderan yang termasuk di RT 10.

“Kami menggunakan alat semprot dan perlengkapan pinjam pakai dari Posko TRIP Ketapang. Dalam kegiatan ini DPC LAN dibantu Kabid Kartini DPC LAN yang menurunkan para Ibu-Ibu ikut serta dalam kegiatan ini. Ternyata dalam kesibukan para ibu-ibu mengurus rumah tangga mereka bisa ikut serta peduli sosial terhadap penanggulangan wabah virus corona yang terdampak di Kabupaten Ketapang ini,” terang Rahmad Kartolo, Bidang Reaksi Cepat, Senin (13/4) kemarin.

Sementara itu, satu diantara Kartini DPC LAN Ketapang, Ari Susanti mengatakan akibat Virus Corona ini membuat mereka sebagai ibu rumah tangga merasa cemas dan bimbang dikarenakan keadaan ekonomi mulai terasa bahkan tenaga dan pikiran lebih ekstra buat mengatur rumah tangga, karenakan aktivitas terbatas anak-anak dan suami lebih banyak di rumah.

“Kami tidaklah melalaikan kewajiban sebagai istri dengan tetap memperhatikan keadaan secara menyeluruh dampak wabah ini, turut serta dalam kegiatan Satgas Covid-19, DPC LAN melakukan berbagai aksi sosial dalam rangka meminimalisir gerakan virus yang tidak tampak mata dan meringankan beban saudara kita terdampak berupa penggalangan bantuan sembako buat saudara-saudara kita terdampak wabah Corona,” katanya.

Ia menambahkan, Bukan kecil besar apa yang kita berikan kepada saudara kita berbagi tegur sapa, informasi tentang wabah, serta bantuan sembako membuat saudara kita merasa nyaman dan terhibur disaat seperti ini.

“Dikarenakan masih banyaknya informasi yang sifatnya menakutkan (Hoax) padahal virus ini tidaklah terlalu berbahaya jika kita semua memperhatikan sebagaimana himbauan Pemerintah tetap jaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan, dan tidak bersentuhan fisik,” imbuhnya.

Senada dengan itu Ketua DPC LAN Ketapang Ismulyadi mengapresiasi kerja keras pengurus dan anggota DPC LAN bekerja sama dalam misi sosial membantu Pemerintah Kabupaten Ketapang dalam memerangi virus corona yang sangat mengganggu sendi-sendi kehidupan ditengah masyarakat kota ketapang.

“Semoga wabah ini mengingatkan kita semua untuk saling berbagi dan peduli terhadap lingkungan. Ada tugas berat juga yang tidak boleh luput dari mata dan perhatian kita saat ini penyebaran Narkoba di Kabupaten Ketapang yang menurut saya sudah masuk tahap mengkhawatirkan seperti misal kemarin sat narkoba polres ketapang melakukan penangkapan terhadap pengedar Narkoba. Hal ini menunjukkan pengedar bahkan pemakai narkoba tidaklah takut terhadap wabah ini, malah mereka beraksi lebah dasyat lagi memanfaatkan situasi dimana semua kita terfokus pada wabah ini,” tuturnya.

Dilain tempat, Kabid WRC Rahmat Kartolo mengatakan bahaya Narkoba tidak jauh berbeda seperti Virus Corona hanya berbeda virus ini bisa mematikan orang dalam hitungan jam. Narkoba berefek jangka panjang dan mematikan satu generasi manakala sudah menjadi pecandu narkoba.

“Melalui Lembaga Anti Narkotika (LAN) Ketapang mengajak kita semua warga Ketapang menjaga orang-orang terdekat kita, saudara-saudara kita, teman sejawat kita bahkan lingkungan dimana kita tinggal untuk waspada terhadap narkoba yang setiap saat selalu mencari mangsa baru. Mari kita kampanyekan disemua tempat dimanapun program Pemerintah P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba),” ungkapnya. (wan)