HUT RI Ke-75 Sungai Kapuas dan Melawi Berubah Warna Merah Putih

Delikcom.com, SINTANG – Dalam Rangka menyemarakkan peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kapal Kodim 1205/Sintang ikut memeriahkan kegiatan Kirab Merah Putih di Taman Bungur, Sintang pada Minggu sore (16/8).

Kesempatan itu Dandim 1205/Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan menyampaikan maksud dan tujuan melaksanakan kirab ini adalah untuk memperingati dan merayakan kemerdekaan kita yang sudah berumur 75 tahun tentunya dalam kegiatan ini kita semuanya berharap bahwa kegiatan yang selalu di laksanakan baik memperingati maupun merayakan tersebut tidak hanya merupakan kegiatan yang hanya di permukaan namun betul-betul esensi kita dapatkan bahwa pada masa lalu pahlawan kita telah berjuang untuk merebut kemerdekaan, pada masa sekarang kita sudah merdeka kita bertanggung jawab untuk mengisi kemerdekaan tersebut.

“Peserta dalam kirab merah putih kapuas terdiri dari 75 alkon,diantaranya 1 kapal motor cepat kodim,1kapal BIDAR,2 armada KMP dari Airud serta Dinas Perhubungan ,69 speed boad dua diantaranya Basarnas, di tambah 2 LCR perahu, sementara rute yang akan di tempuh star dari dermaga taman bungur depan pendopo Bupati Sintang, menuju jembatan melawi, dan berbalik arah menuju jembatan kapuas dengan jarak tempuh sekitar 3,78 Km dan waktu tempuh 30 – 45 menit”, ujar Dandim Sintang.

Kesempatan yang sama Bupati Sintang Jarot Winarno menyatakan kirab merah putih kapuas yang di laksanakan tahun ini, memang agak berbeda dengan perayaan HUT kemerdekaan RI tahun sebelumnya, ini merupakan perdana di laksanakan di sungai Kapuas, mengingat saat ini bangsa Indonesia masih di landa covid-19, pada tahun 2019 kita telah mengibarkan merah putih raksasa dilereng bukit kelam yang merupakan bukit batu terbesar di dunia.

Cita cita Besar bangsa Indonesia pada tahun 2045 adalah Indonesia Emas, satu abad Indonesia merdeka, tentu tidak mudah dalam mengapai cita cita mulia tersebut, apalagi saat ini secara global dunia mengalami covid-19. kita ingin tunjukan dalam masa pandemi kita tetap berusaha untuk merayakan HUT RI KE-75 sebagai bentuk rasa cinta kepada NKRI. Tahun ini kita mengusung tema ” DARI SINTANG UNTUK INDONESIA ” ungkap jarot winarno.

Dengan memanjatkan puji syukur, kegiatan yang dikoordinir oleh jajaran Korem 121/Abw, dengan penuh kegembiraan saya nyatakan di mulai “, Ujar Bupati Sintang pada saat membuka kegiatan Kirab.

Salah satu masyarakat Sintang Syamsul Bahri mengatakan bahwa masyarakat Sintang sangat antusias dan menyambut baik pawai kirab merah putih kapuas yang di prakasai oleh pihak TNI bekerjasama dengan PEMDA.

“Acara ini sangat luar biasa sekali dengan di buktikan sambutan masyarakat dalam menyemarakan dan peran serta masyarakat kabupaten sintang, walau di masa pandemi tidak mengurangi rasa cinta akan NKRI sehingga tetap melaksanakan perayaan ini, walau dengan suasana yang berbeda,” ujar Syamsul Bahri.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sintang, Jarot Winarno, , Kasi Ops Korem 121/Abw, Kolonel Inf. Asep Akhmad Hidayat, Ketua DPRD Kab. Sintang, Florensius Ronny, Dandim 1205/Stg, Letkol Inf. Eko Bintara Saktiawan, Waka Polres Sintang, Kompol Albert Manurung, Para Kabalak Jajaran Korem 121/Abw, Kasat Airud Polres Sintang, Iptu Zulfikar Koto, Ketua KONI Kabupaten Sintang, Chomain Wahab, SH, Ketua Pengadilan Negeri Sintang, Yogi Dulhadi, dan para peserta Kirab Merah Putih Karnaval 75 kapal/Speed boad. (sus)